Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sambut PON XX Papua, PT. Angkasa Pura I (Persero)Percantik Bandara Sentani

sambut pon xx papua bandara sentani dipercantik



Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2021 segera terlaksana 2--15 Oktober 2021. Menjelang ajang olahraga akbar ini, Bandara Sentani turut bersolek dengan beberapa sentuhan berbeda.

Berdasarkan keterangan yang dibagikan di Instagram resmi @ap_airports, Angkasa Pura Airports turut mendukung PON XX Papua 2021 dengan menjalankan pengembangan infrastruktur sisi udara (airside). Dukungan juga diwujudkan dengan beautifikasi terminal Bandara Sentani Jayapura.

Upaya ini untuk menyuguhkan nuansa dan ambience PON XX Papua 2021 di Bandara Sentani. Pengembangan fasilitas yang dilakukan, yakni pelapisan landas pacu (tapering) untuk meningkatkan kekuatan landas pacu.

Hal tersebut bertujuan agar pesawat Boeing B737-800NG dan Boeing B737-900ER dapat mendarat mulus. Pengembangan lainnya mulai dari perbaikan apron, perbaikan taxiway, hingga signage di sisi udara.

Untuk beautifikasi terminal dilakukan dengan mengatur ulang tata letak area komersial dan merenovasi interior dengan mengadopsi kearifan lokal batik dan motif ukir khas Sentani. Tak ketinggalan dekorasi nuansa PON XX Papua 2021 guna menyambut para atlet dan kontingen peserta PON XX dari berbagai daerah di Indonesia.

Publikasi sekaligus branding PON XX Papua 2021 turut hadir di lima bandara. Booth ajang olahraga ini ada di Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kualanamu, Bandara Sentani, Bandara Sultan Hasanuddin, dan Bandara Ngurah Rai.

Humas Bandara Sentani Surya Eka mengatakan pembenahan dilakukan guna mempercantik bandara sekaligus melengkapi berbagai sarana dan prasarana pendukung termasuk perpanjang landasan. 

"Pekerjaan mempercantik atau beautifikasi bandara ditargetkan selesai akhir bulan September 2021," kata dia seperti dikutip dari Antara, Selasa (14/9). 

Adapun beautifikasi terminal dilakukan dengan merenovasi interior seperti di area keberangkatan, check in, kedatangan, toilet dengan mengadopsi kearifan lokal dan motif ukir khas Sentani. 

Selain itu, terminal penumpang dan dilakukan pelapisan landas pacu (overlay runway). "Pelapisan itu dilakukan untuk meningkatkan kekuatan landas pacu sehingga pesawat Boeing B737 800 NG dan Boeing B737 900ER dapat mendarat mulus," kata Surya. 

Surya Eka juga menjelaskan Bandara Sentani saat ini memiliki landas pacu berdimensi 3.000 meter x 45 meter dengan kapasitas apron 13 parking stand untuk pesawat berbadan kecil (narrow body), delapan parking stand untuk pesawat kargo, dan 11 parking stand untuk pesawat kecil berbaling-baling (propeller).

Source : https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4654845/bandara-sentani-bersolek-jelang-pon-xx-papua-2021 dan https://www.jpnn.com/news/begini-penampakan-bandara-sentani-setelah-dipoles-angkasa-pura-i



Post a Comment for "Sambut PON XX Papua, PT. Angkasa Pura I (Persero)Percantik Bandara Sentani "