Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aturan Pengetatan Pelaku Perjalanan Pra dan Pasca Larangan Mudik 2021 Diberlakukan

 

aturan pengetatan pra dan pasca larangan mudik 2021


Niddatravel.com - Pemerintahan lewat Satuan tugas Penanganan Covid-19 terus keluarkan ketentuan pengetatan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) berkaitan larangan mudik buat mendesak penyebaran virus corona.

Ketetapan itu berlaku sepanjang H-14 penghapusan mudik (22 April-5 Mei 2021) dan H+7 penghapusan mudik (18 Mei-24 Mei 2021).

Tercantum pada Addendum Surat Selebaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 mengenai Penghapusan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Usaha Pengaturan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sepanjang Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah, Rabu (21/4/2021).

Pengetatan mobilisasi ini berlaku untuk PPDN pada semua model transportasi.

Bagaimana persyaratan dan ketetapan yang berjalan?

Pelaku perjalanan transportasi laut, udara, dan kereta api harus memperlihatkan surat info hasil yang negatif test RT-PCR/Rapid Tes Antigen, yang sampelnya diambil dalam waktu optimal 1 x 24 jam saat sebelum keberangkatan.

Atau juga bisa memperlihatkan surat info hasil yang negatif test GeNose C19 saat sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan, dan isi e-HAC Indonesia.

Untuk pelaku perjalanan angkutan umum darat, akan dilaksanakan test random rapid tes antigen/test GeNose C19 jika dibutuhkan oleh Unit Pekerjaan Penanganan Covid-19 Daerah.

Sementara pelaku perjalanan transportasi darat individu, disarankan lakukan test RT-PCR/Rapid Tes Antigen, yang sampelnya diambil dalam waktu optimal 1x24 jam saat sebelum keberangkatan.

Atau juga bisa lakukan test GeNose C19 di rest area sebagai syarat meneruskan perjalanan.

Jika dibutuhkan, akan dilaksanakan test random oleh Unit Pekerjaan Penanganan Covid-19 Wilayah.

Anak di bawah umur 5 tahun tidak harus lakukan test covid-19 sebagai persyaratan perjalanan.

Pelaku perjalanan transportasi darat baik umum atau individu disarankan isi e-HAC Indonesia.

Beberapa aturan itu tidak berlaku untuk kendaraan layanan distribusi logistik dan pelaku perjalanan dengan kepentingan mendesak untuk kebutuhan non-mudik.(*)

Sumber : Kompas TV

Post a Comment for "Aturan Pengetatan Pelaku Perjalanan Pra dan Pasca Larangan Mudik 2021 Diberlakukan"

Berlangganan via Email