Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bandara Baru Ngloram Blora, Pembangunan Terminal Penumpangnya Sedang Dikebut

 

Landasan pacu sudah siap, pembangunan terminal penumpang sedang dikebut


Runway atau landasan pacu di Bandara Ngloram Cepu, Blora telah selesai dibangun.

Landasan pacu yang panjangnya 1.500 meter dengan lebar 30 meter tersebut juga dilengkapi lampu sebagai sebagai alat bantu pendaratan.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Dewandaru Karimunjawa yang juga membawahi Bandara Ngloram, Ariadi Widiawan mengatakan, selain landasan pacu, taxiway dan apron di Bandara Ngloram juga telah siap.

"Jadi kami dari sisi udara runway sudah selesai. Taxiway sudah dan apron sudah," ujar Ariadi kepada Tribunjateng.com, Kamis (11/2/2021).

Saat ini, lanjut Ariadi, pihaknya tengah fokus pada pembangunan terminal penumpang. Nantinya, terminal penumpang itu akan dibangun seluas 2.850 meter persegi.

"Rencananya, pembangunan terminal penumpang ini akan selesai pada Juli," tandasnya.

Pihaknya juga tengah mengoordinasikan dengan pemerintah provinsi perihal pembebasan lahan untuk akses masuk ke bandara.

Ketika sudah klir, maka pihaknya baru akan akses jalan masuk, parkir, termasuk gedung  pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP-PK).

"Jika sudah dibebaskan diserahterimakan ke Kementerian Perhubungan, maka Kemenhub akan membangun jalan masuk bandara, parkir kendaraan,  serta gedung PKP-PK," tandasnya.

Lebih lanjut, kata Ariadi, di Bandara Ngloram dilengkapi sistem yang dapat mendeteksi kondisi cuaca, temperatur, kecepatan angin demi keselamatan penerbangan. Alat tersebut dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) disebut Automated Weather Observing System (AWOS).

"Jika semua sudah terpenuhi, maka Bandara Ngloram bisa diresmikan dan dioperasikan," ujarnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Landasan Pacu Bandara Ngloram Blora Sudah Siap, Pembangunan Terminal Penumpang Dikebut, https://jateng.tribunnews.com/2021/02/11/landasan-pacu-bandara-ngloram-blora-sudah-siap-pembangunan-terminal-penumpang-dikebut.

Post a Comment for "Bandara Baru Ngloram Blora, Pembangunan Terminal Penumpangnya Sedang Dikebut "